Pages

Sunday, November 10, 2019

Langkah Penelitian

M. Aswan Zanynu
Peminat Isu Komunikasi


AGAR sebuah penelitian berjalan dengan baik, menurut W.L Neuman (2007) sedikitnya ada 7 langkah yang harus dijalankan: memilih topik, menentukan fokus pertanyaan, membuat desain penelitian, mengumpulkan data, menganalisis data, menginterpretasi hasil analisis, dan terakhit membuat pelaporan. Keseluruhan langkah ini dilakukan dengan panduan teori.

Di awal penelitian, memilih topik menjadi penting karena akan mengarahkan peneliti pada fenomena yang akan diteliti. Topik yang dipilih juga akan memudahkan peneliti untuk menentukan teori apa yang akan diteliti. Misalnya dalam konteks ilmu komunikasi, topik penelitian seperti efek media massa, perilaku komunikator, atau komunikasi non-verbal.

Lebih spesifik dari topik, adalah fokus pertanyaan. Dalam istilah lain dapat disebut sebagai lingkup atau batasan penelitian. Di sini peneliti memilih aspek yang ingin diteliti dari topik penelitian tadi. Misalnya, dari topik efek media massa tadi, kita fokus pada efek iklan makanan ringan pada anak-anak. Makin spesifik batasan pertanyaan yang ingin kita jawab, makin baik dan mudah penelitian dijalankan.

Selanjutnya kita merancang desain penelitian. Isinya berkaitan dengan teknis eksekusi penelitian. Jenis atau ragam data seperti apa yang ingin kita ambil di lapangan. Termasuk cara apa yang akan kita gunakan untuk mengumpulkannya. Setelah ranpung, data dapat kita kumpulkan lalu analisis. Kita dapat menganalisisnya secara kualitatif atau kuantitatif. Metode analisis ini sudah terlebih dahulu ditetapkan saat membaut desain penelitian.

Hasil analisis data kemudian kita interpretasikan. Tujuannya untuk menjawab masalah atau fokus pertenyaan yang mengawali penelitian yang kita lakukan. Setelah rampung, dibuatlah laporan untuk memaparkan keseluruhan hasil penelitian.***

No comments:

Post a Comment