Pages

Tuesday, March 2, 2021

Tipografi

M. Aswan Zanynu
Peminat Isu Komunikasi


DALAM layout, khususnya untuk koran/majalah, menurut Surianto Rustan (2008) tipografi terkait dengan: (1) pilihan jenis huruf, (2) ukuran huruf, (3) jarak huruf, (4) jarak kata, (5) leading, dan (6) lebar paragraf. Hal ini yang harus dipertimbangkan sebelum menata materi (teks maupun gambar) untuk sebuah publikasi. Berikut ini paparan ringkas terkait dengan enam item tipografi tersebut.

Huruf memiliki karakter tertentu. Ia tidak sekedar huruf. Ada huruf yang memberi kesan serius seperti jenis Times New Roman atau Garamond. Ada pula yang menonjolkan kesan ringan seperti Arial atau Calibri meski tetap terasa formal. Atau jenis huruf Old English Text MT untuk kesan klasik. Intinya, sesuaikan jenis huruf dengan positioning media dan target pembacanya.

Untuk teks, ukuran huruf biasanya 9 – 12. Ada pula yang menyebut hingga 14. Ukuran ini mudah dibaca oleh mata normal. Ukuran yang lebih kecil (kurang dari 9), dapat digunakan sebagai teks keterangan gambar (captions). Sedangkan untuk ukuran huruf di atas 14 baik digunakan untuk judul.

Jarak huruf maksudnya jarak antarhuruf dalam sebuah kata. Makin kecil ukuran huruf, makin besar jarak huruf agar tetap nyaman untuk dibaca. Pengaturan ini mesti dilakukan ketika melakukan penataan teks. Sedangkan jarak kata adalah jarak antar kata dalam sebuah kalimat. Makin besan jarak huruf, sebaiknya diimbangi dengan menaikkan jarak kata.

Leading adalah jarak antara baris kalimat. Misalnya jarak antara baris sebuah kalimat dengan kalimat lain di bawah atau di atasnya. Ukuran leading disesuaikan dengan lebar paragraf. Makin lebar paragraf, makin tinggi leading agar kalimat tetap nyaman dibaca dan tidak terlihat terlalu rapat.

Menurut Timothy Samara, untuk menentukan ukuran lebar paragraf idel, dapat dilakukan dengan cara menuliskan abjat/alfabet kecil “a” sampai “z “(tanpa spasi), lalu “a” sampai “z” lagi, kemudiaan ditambah “a” sampai “m”. Jadi hasilnya akan menjadi: “abcdefghijklmnopqrstuvwxyzabcdefghijklmnopqrstuvwxyzabcdefghijklm”. Untuk ukuran huruf ini, deretan alfabet tersebut yang menjadi lebar paragraf idealnya.***

2 comments: